Mengembangkan ketrampilan di dalam mengelola sumberdaya manusia pada tataran global atau internasional, saat ini merupakan kebutuhan yang harus dimiliki oleh mahasiswa sebagai bekal agar dapat terlibat pada proses pengelolaan sumberdaya manusia di dunia kerja, utamanya dalam konteks global. Untuk itu diperlukan pemahaman yang sangat baik tentang pengertian, karakteristik, proses, maupun identifikasi masalah-masalah dan menemukan solusi atas masalah MSDM Internasional tersebut.

Mata kuliah ini bertujuan untuk menambah pemahaman manajemen pada bidang pemasaran melalui penjelasan tentang istilah, definisi, dan konsep yang telah disepakati dalam disiplin serta praktik ilmu tersebut pembahasan utama pada mata kuliah ini meliputi fungsi perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian seorang manajer pemasaran dalam kaitannya dengan koordinasi sistem produksi suatu perusahaan.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang metode statistik deskriptif yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data kuantitatif yang dilanjutkan dengan pemahaman tentang konsep dasar probabilitas. Mata kuliah ini juga membahas angka indeks dan peramalan (forecasting). 

Mata kuliah ini menjelaskan dan membahas tentang bagaimana sebuah penelitian dapat dilakukan. Pembahasan meliputi tahapan yang harus dilalui dalam proses penelitian, mulai dari bagaimana melakukan identifikasi permasalahan penelitian sampai dengan penyusunan laporan penelitian.