Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip, konsep, metode dan tekhnik tentang analisis suatu alternative keputusan ketika manajer harus mengambil keputusan. Beberapa alternative keputusan akan dianalisis dampaknya terhadap baik sebagai operasional dan keputusan stratejik.

Pada mata kuliah ini, mahasiswa belajar tentang konsep, sistem, metode, dan teknik perhitungan biaya suatu objek biaya dengan penekanannya pada perhitungan harga pokok produk pada perusahaan pabrik. Mahasiswa belajar perhitungan harga pokok produk dengan pendekatan tradisional yang disebut dengan Perhitungan Harga Pokok Produk Berbasis Volume atau Fungsi (Volume- or Functional-Based Costing / VBC atau FBC) dan pendekatan kontemporer yang disebut dengan Perhitungan Harga Pokok Produk Berbasis Aktivitas (Activity-Based Costing / ABC). Dengan belajar kedua pendekatan ini , mahasiswa memahami secara baik kelemahan perhitungan harga pokok produk dengan pendekatan tradisional dan keunggulan perhitungan harga pokok produk dengan pendekatan kontemporer.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang metode statistik deskriptif yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data kuantitatif yang dilanjutkan dengan pemahaman tentang konsep dasar probabilitas. Mata kuliah ini juga membahas angka indeks dan peramalan (forecasting).

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep dan makna sebuah proses bisni, hal ini menitikberatkan pada proses pemahaman yang menjadikan seseorang untuk lebih bekerja secara aktif dan kreatif dalam berbisnis. Menganalisis berbagai kajian teori yang tertadapat pada proses belajar mengajar yang pada akhirnya diharapkan dapat diaplikasikan dalam bisnis yang nyata.

Mata kuliah SIA I bertujuan memberikan pemahaman pada peserta didik mengenai berbagai siklus yang terdapat di perusahaan, teknik dokumentasi yang dipakai untuk menggambarkan berbagai siklus usaha, dokumen yang dipakai, sistem dan prosedur yang dipakai serta pengendalian internal yang dipakai.

Mata kuliah ini memperkenalkan konsep audit laporan keuangan. Dalam satu semester topik-topik yang dibahas meliputi pengenalan tentang profesi akuntan publik, etika profesional, dan proses mengaudit yang dimulai sejak tahapan perencanaan sampai menyiapkan laporan audit.

Matakuliah ini membahas karakteristik organisasi sektor publik dan mekanisme akuntansi yang ada di dalamnya, baik akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, sistem akuntansi, penilaian kinerja, maupun pengauditan di organisasi sektor publik. Selain secara teoretik dimana digambarkan tentang mekanisme akuntansi di organisasi sektor publik, diberikan juga gambaran praktek akuntansi yang saat ini dilaksanakan di organisasi sektor publik, khusunya di pemerintahan daerah seiring dengan pelaksanaan otonomi daerah.

Mata kuliah ini menjelaskan dan membahas tentang bagaimana sebuah penelitian dapat dilakukan. Pembahasan meliputi tahapan yang harus dilalui dalam proses penelitian, mulai dari bagaimana melakukan identifikasi permasalahan penelitian sampai dengan penyusunan laporan penelitian.